BeritaPUBLIKASI

1588 Pengawas TPS di Kabupaten Bima Resmi dilantik

Suasana Pelantikan Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS)

Bima.BawasluBimaKab,.- Para Ketua Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Bima, telah melantik dan mengambil sumpah anggota Pengawas Tempat Pemungutan Suara atau yang biasa disebut dengan PTPS .

“1588 PTPS yang akan mengawasi Pemungutan dan Penghitungan Suara di semua TPS pada 18 kecamatan dan 191 desa pada Pemilu 2024 telah resmi dilantik,” jelas Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, Senin malam (22/01)

Dikatakannya, Prosesi pelantikan PTPS yang dipusatkan di Panwaslu Kecamatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 21 dan 22 Januari, hal itu bertujuan untuk membagi waktu pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) oleh Bawaslu Kabupaten Bima.

“PTPS mempunyai peran Vital dalam menjalankan tugas pengawasan, karna yang diawasi adalah puncak dari tahapan Pemilu, sehingga butuh diberikan asupan pengetahuan terkait fungsi, tugas dan Teknis Pengawasan” Sebut Junaidin.

Dokumentasi Pelantikan Pengawas TPS

Selain itu, Pria yang akrab disapa Joe itu juga mengungkap selain dibekali oleh Bawaslu terkait fungsi dan tugasnya, PTPS juga akan dibekali tatacara penggunaan aplikasi SIWASLU sebagai sarana laporan cepat hasil pengawasan secara online.

“Laporan yang dikirim PTPS nantinya akan langsung terkoneksi dengan Server Bawaslu RI” Jelas Joe.

Joe berharap, setelah mendapatkan pelatihan dan Bimbingan teknis Pengawasan dari Bawaslu, PTPS dapat menjalankan tugasnya dengan baik dalam mengawasi serta memastikan Pelaksanaan Pungut Hitung yang akan berlangsung 14 Februari mendatang berjalan aturan yang berlaku.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *