BeritaPUBLIKASI

Antisipasi Sengketa Proses, Koordiv HPS Bawaslu Kabi Ikuti Rakernis Penyelesaian Sengketa Pemilu 2024

Suasana pembukaan rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu Gelombang II oleh Biro Penyelesaian Sengkata Bawaslu RI.

Bima, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa (HPS) Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun,S.Pd ikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Penyelesaian Sengketa Proses Pemilu (gelombang II) yang bertempat di hotel Sahid Raya Convention Center, Sleman Jogjakarta (13 -15/23).

Kegiatan yang digelar oleh Biro Penyelesaian Sengkata Bawaslu RI yang melibatkan Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten/Kota Se-Indonesia tersebut bertujuan untuk meningkatkan kompetensi serta skill anggota Bawaslu Kabupaten/Kota dalam penanganan sengketa Proses Pada Pemilu 2024.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengkata Bawaslu Bima Hasnun menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan agenda penting untuk Bawaslu Kabupaten/Kota, mengingat saat ini pemilu masih pada fase Pencalonan Anggota DPRD.

“Tidak menutup kemungkinan ada bacaleg yang mengajukan permohonan sengkata proses yang disebabkan oleh perubahan keputusan KPU” jelasnya.

Hasnun mengatakan, dalam kegiatan itu, Koordiv HPS Bawaslu Kabupaten/kota ditempa dengan materi yang barkaitan dengan hukum pemilu, dan alur penanganan penyelesaian Sengkata Proses.

Sesi foto bersama Koordiv HPS Bawaslu NTB dan Koordiv HPS Kabupaten/Kota Se NTB

Dia menilai, materi yang disampaikan Bawaslu RI pada kegiatan rakenis itu cukup mempuni sebagai modal Bawaslu Kabupaten/Kota dalam menghadapi Sengkata proses di wilayah kerja masing masing.

“Selain materi tersebut, kami juga mendapatkan training dengan konsep simulasi mediasi dan adjuduksi dalam penanganan Sengkata proses” jelasnya.

Pria yang di sapa Alex ini, menambahkan materi yang didapat pada kegiatan tersebut akan diteruskan dijajaran panwaslu kecamatan melalui kegiatan On the Job Training (OJT) yang sudah di agendakan oleh Bawaslu Kabupaten Bima”Tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *