BeritaPUBLIKASI

Bahas Isu Pemilu, Bawaslu, Kejari dan Polres Duduk Satu Meja

Foto Bersama Ketua dan Anggota Bawaslu Kabupaten Bima, Kepala Kejaksaan Negeri Bima dan Kepala Kepolisian Resort Bima, Selasa 19/09/23
(Dok Humas Bawaslu)

Bima – Agar terbangunnya sinergitas antar lembaga, Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, sambangi kantor Kejaksaan Negeri Bima, Selasa (19/09/23). Agenda yang dibungkus dengan moment silaturahmi tersebut turut dihadiri oleh Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bima, AKBP Hariyanto, SH., S.I.K
Koordinasi dan silaturahmi yang dilakukan Bawaslu Kabupaten Bima tersebut mendiskusikan masalah yang mengemuka pada perhelatan Pemilihan Umum Tahun 2024 yang kini tengah memasuki tahapan krusial. “Sebagai Bawaslu, tentu kami sampaikan hasil pemetaan kerawanan Pemilu yang berpotensi terjadi wilayah Kabupaten Bima, urai Joe, sapaan akrab Ketua Bawaslu Kabupaten Bima.
Beberapa peristiwa yang disampaikan Bawaslu, lanjutnya, menyoal adanya gelombang protes yang diakibatkan oleh adanya Bakal Calon Sementara yang kemudian dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh KPU. “Hal ini memang menjadi salah satu variabel yang berpotensi adanya gejolak. Namun setelah kami deteksi, ternyata situasinya datar dan kondusif,” terangnya.

Suasana silaturahmi yang berlangsung di ruangan Kepala Kejaksaan Negeri Bima

Soal peristiwa pra-kampanye yang kerap muncul dipermukaan, juga didiskusikan pada moment itu. Bawaslu, kata Joe, telah melakukan upaya pendekatan dengan Partai Politik peserta Pemilu dan Bakal Calon DPRD untuk tidak melakukan kampanye sebelum waktunya. Bahkan, saat ini sudah terlihat adanya Bacaleg yang secara sadar menutup konten bernada kampanye dalam baliho-baliho yang dipasang. “Hal ini tentu butuh koordinasi lebih lanjut dengan Pemerintah Daerah sebagai pemilik wilayah untuk mendiskusikan keberadaan alat sosialisasi yang terkesan mengganggu estetika itu,” ucapnya.
Hal ini juga yang didiskusikan, terkait pengawasan dan kerjasama stakeholder pada masa kampanye yang tidak lama lagi akan berlangsung. Joe meminta kepada Kapolres dan Kepala Kejaksaan Negeri Bima agar menginisiasi adanya pertemuan dengan Ketua Partai Politik, Pemerintah, Penyelenggara Pemilu dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk merumuskan stratagi jitu dalam menciptakan kampanye damai.
“Kejari Bima dan Polres Bima menyatakan kesediaannya untuk komunikasikan Rapat Koordinasi yang akan melibatkan seluruh Ketua Partai Politik serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda). Dan ini akan diupayakan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *