Agenda KegiatanBeritaPENGUMUMANPUBLIKASI

Bawaslu Bima Aktifkan Kembali Panwascam dan PKD

Kordiv Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, S. Pd.

Bima, Bawaslubimakab,- Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) yang sempat dinonaktifkan karena pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, sudah kembali diaktifkan. Pascaterbitnya PKPU Nomor 5 Tahun 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima kini telah mengaktifkan kembali perangkat pengawas ad hoc di tingkat kecamatan dan desa.

Menurut Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Humas, dan Datin Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, S. Pd, Panwascam yang telah diaktifkan pada 12 Juni lalu itu, langsung menjalankan tugas pengawasan yakni mengawasi penyerahan Surat Keputusan (SK) secara simbolis kepada Panitia Pemungutan Suara oleh KPU kepada PPS terpilih yang diwakilkan oleh salah satu anggota PPS di masing-masing kecamatan.

Selanjutnya, kata dia, dalam waktu dekat sesuai PKPU Nomor 5 Tahun  2020 Panwascam dan PPD akan mengawasi proses verifikasi factual (Vervak) yang akan dimulai 24 Juni hingga 12 Juli 2020. “Setelah terbitnya PKPU 5 2020, kami langsung mengaktifkan kembali Panwascam dan PKD untuk melakukan pengawasan Pilkada di tingkat kecamatan dan desa,” Tuturnya.

Pengaktifan kembali anggota Panwascam tersebut, lanjutnya, ditetapkan melalui Keputusan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima yang bernomor 023/Bawaslu-Kab.Bima/HK.01.01/VI/2020. “Dan 024/Bawaslu-Kab.Bima/HK.01.01/VI/2020,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *