BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Bima pastikan evaluasi Panwaslu existing dilakuan secara objektif

Koordinator Divisi SDMO dan Diklat Bawaslu Kab. Bima Abdullah, SH., M.H

Bima.BawsluBimaKab.,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima pastikan proses evaluasi anggota Panwaslu Kecamatan existing akan dilaksanakan secara objektif.
Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH.,M.H mengatakan, Panwaslu Kecamatan existing Pemilu tidak akan mengikuti seleksi CAT tertulis, namun hanya dilakukan evaluasi dengan menggunakan instrumen yang terlampir dalam keputusan Ketua Bawaslu Republik Indonesia nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tetang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan serentak Tahun 2024.
Kendati hanya evaluasi, Abdullah menegaskan jika dalam pelaksanaan evaluasi yang dilakukan, tidak menutup kemungkinan terdapat anggota panwaslu existing yang tidak terpilih kembali, mengingat Bawaslu berkomitmen untuk tetap mengedepankan Profesionalitas dan objektivitas dalam penilaian.

“sikap konsisten dan integritas saat menjalankan tugas pengawasan pemilu 2024 akan menjadi penilaian penting yang akan menentukan terpilih atau tidaknya Panwaslu existing untuk melanjutkan tugas pengawasan di Pilkada 2024” Tegasnya.
Selain itu, pria yang akrab disapa Ebit ini juga mengatakan sesuai dengan petunjuk dalam juknis pembentukan, pengumuman dan penetapan hasil evaluasi akan di umumkan pada tanggal 1 s.d 2 Mei 2024.

Proses penerimaan berkas pendaftaran Panwaslu existing.

“Sebelum dilakukan pengumuman pun kami harus melakukan konsultasi dengan Bawaslu Provinsi terkait keterpenuhan syarat Panwaslu existing” Jelas ebit di sekretariat Bawaslu Kabupaten Bima Jum, at (26/04/24)
Sementara untuk pendaftaran Calon Anggota Panwaslu yang baru, ebit mengatakan akan di umumkan pada tanggal 3 s.d 4 Mei 2024, dengan ketentuan membuka pendaftaran untuk Kecamatan Kecamatan yang Panwaslu existing nya sudah dianggap tidak memenuhi syarat untuk melakukan pengawasan pada pemilihan Kepala Daerah 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *