BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Bima Siapkan Perangkat Pembentukan Lembaga Ad hoc

Pemberian arahan oleh Ketua Bawaslu Kab. Bima terkait persiapan pembentukan panwaslu Kecamatan pilkada 2024

Bima.BawasluBimaKab.,- Jelang rekrutmen calon Anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima gelar rapat persiapan, Selasa (23/04/24)

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, S.Pd.,M.H yang memimpin rapat menyampaikan bahwa giat tersebut merupakan tindak lanjut dari keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor 4224.1.1/HK.01.01/K1/04/2024 tetang pedoman pelaksanaan pembentukan panwaslu Kecamatan untuk Pemilihan serentak Tahun 2024.

Dikatakanya, terdapat perbedaan proses dalam pembentukan lembaga adhoc untuk Pemilu dengan Pembentukan lembaga adhoc untuk Pilkada, dalam pembentukan lembaga ad hoc untuk pilkada, perekrutan anggotanya akan mendahulukan pelaksanaan evaluasi untuk panwaslu Kecamatan yang saat ini statusnya masih aktif (Existing), yang dimana pada tanggal 23 April s.d 2 Mei 2024 Bawaslu akan melakukan penerimaan dan verifikasi berkas administrasi, evaluasi kinerja, Konsultasi ke Bawaslu Provinsi terkait keterpenuhan syarat, dan penetapan serta pengumuman panwaslu Kecamatan existing yang memenuhi syarat.

“Akan banyak indikator yang akan dievaluasi,mulai dari konsistensi dalam melakukan pengawasan sampai dengan integritas yang bersangkutan sebagai penyelenggara” Sebut Junaidin.

Suasana rapat pembentukan panwaslu Kecamatan pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024

Sedangkan untuk pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan yang baru, Pria yang akrab disapa joe ini menjelaskan, sesuai dengan pedoman pelaksanaan perekrutan panwaslu Kecamatan yang diterbitkan Bawaslu pusat, prosesnya akan dilaksanakan pada tanggal 3 s.d 25 Mei 2024 dengan ketentuan membuka pendaftaran untuk Kecamatan Kecamatan yang anggota Panwaslu Existing nya dinyatakan sudah tidak memenuhi syarat dalam melakukan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2024.

Selain itu, joe mengungkap ada sekitar 11 anggota Panwaslu Kecamatan yang kemungkinan besar sudah tidak memenuhi syarat, mengingat yang bersangkutan sudah tak bisa bekerja penuh waktu karna sudah berstatus ASN PPPK di instansi lain.

“Dan memungkinkan juga jumlah nya akan bertambah seiring dengan proses evaluasi kinerja yang akan kami lakukan nantinya” Pungkas Joe.

Rapat yang digelar diruang sentra Gakkumdu kabupaten Bima tersebut selain membahas pedoman pelaksanaan juga sekaligus membentuk Kelompok Kerja (Pokja) yang akan menfasilitasi perekrutan Anggota Panwaslu Kecamatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *