BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Tekankan Pentingnya Pelibatan Masyarakat pada Pengawasan Pemilu

Kab.Bima – Kepedulian Pemuda terhadap pelaksaan Pemilu mulai terlihat diruang publik, salah satunya pemuda yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa dan Pemuda pemerhati Hukum (Imperium) Bima, yang sukses menggelar kegiatan Dialog Publik bertema menyongsong pemilu yang berkualitas Senin, 28/8/23

Dialog publik yang digelar disalah satu Cafe di wilayah Kecamatan Woha itu juga  menghadirkan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin sebagai pembicara.

Dalam pengantarnya, Junaidin mengapresiasi pemuda dan mahasiswa yang telah menggagas dialog tersebut, Menurutnya keterlibatan aktif pemuda dan mahasiswa dalam pelaksanaan Demokrasi merupakan salah satu aspek yang mendukung suksesnya penyelenggaraan Pemilu.

Mencermati dinamika yang saat ini berkembang ditengah masyarakat, isu Politik transaksional menjadi trending topik diberbagai tempat, untuk menangkal isu tersebut, dia mengajak Mahasiswa dan Pemuda untuk mensosialisasikan terkait dengan bahaya politik transaksional.

“Peran mahasiswa dan Pemuda sangat penting dalam mengawal serta menciptakan Demokrasi yang bersih “sebutnya.

Joe, sapaan akrab Ketua Bawaslu Bima itu juga mengeluhkan terkait minimnya kesadaran masyarakat untuk melaporkan dugaan pelanggaran Pemilu, dia mengaku jika penanganan pelanggaran yang dilakukan Bawaslu selama ini hampir seluruhnya hasil temuan dari jajaran Bawaslu.

“Ada yang memberikan informasi, namun disisi lain tidak mau menjadi saksi, sehingga hal-hal demikian yang menghambat proses penanganan pelanggaran” ungkapnya

Dia juga mengungkit terjadinya Pemungutan suara ulang (PSU) yang terjadi dibeberapa Kecamatan pada Pemilu 2019 lalu, Menurutnya, tidak setidikit yang menggap hal demikian adalah bagian dari kegagalan Pemilu, Namun yang sebenrnya jelasnya, PSU itu terjadi disebabkan terjadinya Pelanggaran-Pelanggaran pada TPS tertentu.

Kami dipenyelanggara Pemilu Khususnya di Bawaslu tidak ingin adanya kecurang-kecurangan menodai pelaksanaan Pemilu, dan PSU adalah bagian dari amanat undang-undang yang harus kami ta,ati jika terjadi pristiwa pelanggaran” tegasnya,

Joe berharap, dengan adanya dialog-dialog yang membahas kepemiluan akan memantik  semangat mahasiswa dan pemuda untuk terlibat aktif dalam mewujudkan Pemilu yang berjalan sesuai dengan asasnya.

Dalam dialog Publik itu juga hadir akademisi Dr.syarif ahmad, M.Si dan Anggota KPU Kabupaten Bima Wahyudinsyah, SH.,MH sebagai Pembicara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *