Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Bawaslu Terima DPT Pilkada dengan Catatan


Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima, Rabu (14/10/2020)

Bima, Bawaslubimakab,- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima dapat menerima penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima dengan beberapa catatan penting. Penetapan DPT sebanyak 361.957 Pemilih tersebut disahkan pada Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT)  di Aula Kantor KPU setempat, Rabu (14/10).

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin mengatakan, diantara catatan hasil pengawasan yang disampaikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin. Penekanan utama yang disampaikan, terhadap identitas pemilih. Terhadap hal tersebut, Bawaslu meminta agar KPU dan Dinas Catatan Sipil Kabupaten Bima memisahkan pemilih pemula yang genap 17 tahun pada 9 Desember 2020, dengan pemilih yang belum memiliki e-KTP yang masih tercatat dalam DPSHP untuk kemudian ditetapkan menjadi DPT.

Kata Joe, sapaan akrabnya, Bawaslu juga meminta KPU untuk dapat menjelaskan tentang pergeseran jumlah pemilih baru yang tidak terdaftar dalam A-KWK dan pemilih baru yang .pindah masuk, memastikan bahwa dalam penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) tidak ada lagi Pemilih Ganda, berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada Kantor Imigrasi Kabupaten Bima guna menelusuri pemilih luar Negeri yang masih belum diketahui By Name By Addresnya.

Dijelaskannya, terkait pemilih pemula yang genap 17 tahun pada 9 Desember 2020 dengan pemilih yang belum memiliki e-KTP yang masih tercatat dalam DPSHP untuk kemudian ditetapkan menjadi DPT sebagaimana disebutkan pada poin pertama di atas, pihak Bawaslu meminta KPU untuk dapat memberikan by name by addres berbasis TPS kepada Bawaslu dengan batas waktu 10 (sepuluh) hari setelah ditetapkannya pemilih tetap oleh KPU.

Diakuinya, pada prinsipnya, Bawaslu menerima hasil penetapan DPT tersebut, dengan catatan sebagaimana yang telah dikemukannya tersebut di atas. “Bahwa terhadap Penetapan DPT ini pada prinsipnya kami terima dengan catatan sebagaimana yang telah kami sebutkan di atas,” pungkasnya.

Berdasarkan hasil Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPSHP dan Penetapan DPT tersebut, DPT untuk pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 ini berjumlah 361.957 terdiri dari 179.066 pemilih laki-laki dan pemilih perempuan berjumlah 182.891.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *