BeritaPUBLIKASI

Bawaslu Waskat Verfak Tahap-2 Dukungan Balon Anggota DPD.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kab.Bima (Taufiqurrahman, S.Pd)

Bima,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima lekatkan pengawasan terhadap proses verifikasi faktual (Verfak) tahap-2 dukungan bakal calon  Dewan Perwakilan Daerah dapil NTB, Senin, 27/03/23.

Verifikasi faktual dukungan bakal calon Dewan Perwakilan Daerah atau DPD sudah masuk pada putaran kedua, Dari 17 orang bakal calon yang dukungannya dilakukan Verifikasi Faktual pada Tahap-1, namun untuk tahap-2 hanya satu bakal calon yang syarat dukungannya dilakukan verifikasi faktual, yaitu Maskahyangan.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman yang melakukan pengawasan langsung terhadap proses Verifikasi Faktual di Kecamatan Parado itu, mengatakan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual tahap-2 saat ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menggunakan metode yang sama dengan pelaksanaan verfak tahap-1 yaitu dengan metode sampling “jelasnya.

Dia menyebut, berdasarkan data yang diturunkan KPU Bima sampel dukungan maskahyangan di tahap-2 ini sejumlah 246 sampel yang tersebar di 9 kecamatan.

“Untuk sampel terbanyak berada di Kecamatan Parado mencapai 162 sampel “jelasnya.

Opik, sapaan anggota Bawaslu Bima itu juga mengaku bahwa pihaknya akan tetap melakukan pengawasan secara melekat terhadap peroses Verfak tahap-2 ini.

“Kami harus pastikan pelaksanaan Verfak Tahap-2 ini dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang berlaku, Karna pada tahapan ini akan menjadi penentu lolos atau tidaknya Bakal Calon DPD tersebut” ujarnya.

Dia juga menjelaskan bahwa pelaksanaan verifikasi faktual tahap-2 tersebut akan dilaksanakan KPU Bima mulai tanggal 27 dan akan berakhir pada tanggal 31 Maret mendatang.

(Humas Bawaslu Bima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *