Agenda KegiatanBeritaPUBLIKASI

Diskusi Penegakkan Hukum Pemilu, Bawaslu Kabi Apresiasi STIH M Bima

Suasana Diskusi Penegakkan Hukum Pemilu yang Berlangsung di Ruang Rapat STIH Muhammadiyah Bima, Senin (17/1/2022)

Bima, Bawaslubimakab,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima mengikuti diskusi Penegakkan Hukum Pemilu pada Senin, 17 Januari 2022 di kampus Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Muhammadiyah Bima.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh STIH Muhammadiyah Bima didasari oleh undangan terbuka yang disampaikan oleh Bawaslu untuk peserta Kompetisi Debat Penegakkan Hukum Pemilu antar Perguruan Tinggi se-Indonesia yang ke-2 Tahun 2022, khususnya untuk kampus yang di dalamnya terdapat fakultas atau jurusan hukum.

Diskusi yang melibatkan penyelenggara Pemilu di Kabupaten Bima, Dompu, dan Kota Bima itu, bertujuan untuk memantapkan kesiapan mahasiswa sebagai calon peserta dalam mengikuti debat yang akan dilaksanakan oleh Bawaslu RI untuk kampus hukum se-Indonesia yang akan diselenggarakan pada Januari-Februari 2022 ini.

Diskusi itu dipimpin langsung oleh Ketua STIH Muhammadiyah Bima, Dr. Ridwan, S.H., M.H. Mengawali pembicaraannya, pemuda yang dikenal santun dan bersahabat itu, menyampaikan tentang tujuan diundangnya para penyelenggara yang ada di bumi “Ngaha Aina Ngoho” dan “Nggahi Rawi Pahu” tersebut.

Diakuinya, pihaknya mengundang para penyelenggara, agar mahasiswa yang ia pimpin di kampus hijau tersebut bisa mendapatkan referensi langsung dari penyelenggara terkait Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) serta wewenang dari Bawaslu dan KPU.

Karenanya, melalui momen diskusi itu, baik Bawaslu maupun KPU mempresentasikan tentang Tupoksi dan batas kewenangannya masing-masing, sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017.

Tak hanya itu, Bawaslu Kabupaten Bima juga mengapresiasi semangat kampus STIH Muhammadiyah Bima dalam mempersiapkan calon peserta untuk mengikuti debat yang akan diselenggarakan oleh Pengawas Pemilu tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *