BeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Dorong Peningkatan Kualitas Pemilu, Bawaslu Kabi Rakor dengan Stakeholder

Bima, Bawaslubimakab,-Guna mendorong prososes Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan serentak 2024 mendatang berjalan dengan baik, Kamis (12/05/2022) Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menggelar rapat koordinasi persiapan pengawasan partisipatif dengan stakeholder, di ruang rapat Bawaslu setempat.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., menjelaskan, Rakor tersebut merupakan bentuk pencegahan awal, guna  memastikan proses Pemilu berjalan dengan baik demi mendorong substansi Pemilu, sehingga akan menjadi Pemilu dan Pemilihan yang berkualitas serta berintegritas.

Melalui momen Rakor itu, pria yang akrab disapa Ebit ini menghimbau kepada pihak Partai Politik (Parpol), untuk memantapkan persiapan dengan melengkapi segala kebutuhan administrasi yang dibutuhkan untuk proses pendaftaran Parpol dan pencalonan legistlatif, pada Pemilu 2024 mendatang.

Dalam waktu yang tidak lama lagi, kata dia, tahapan Pemilu serentak 2024 akan dimulai, yakni dimulai dengan proses pendaftaran Parpol. Karena itu, penting bagi setiap Parpol untuk memperhatikan kelayakan dan legalitas kantor, kelengkapan kepengurusan pada setiap jenjang__termasuk memperhatikan keterpenuhan kuota perempuan, serta beberapa hal lainnya yang dibutuhkan berdasarkan ketentuan aturan.   

Selain itu, Ebit menyarankan, Liaison Officer (LO) masing-masing Parpol harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, serta mampu mengelola informasi dan transaksi elekronik. Hal itu penting dimilki oleh setiap petugas penghubung, agar setiap informasi yang diterima, dapat tersampaikan dengan baik kepada para pihak yang membutuhkannya. “Karena dalam proses Pemilu terdapat aplikasi elektronik yang harus diisi oleh setiap parpol, sehingga petugas penghubung Parpol harus mahir juga dalam mengelola ITE”, sarannya.

Sementera untuk pihak KPU, Ebit berharap agar aplikasi Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) untuk pendaftaran dan verifikasi calon peserta Pemilu, dapat disempurnakan sehingga tidak menyulitkan bagi pihak parpol dalam mengaksesnya.

Tak hanya itu, Ebit juga berharap pada seluruh pihak yang hadir, kiranya dapat menghargai waktu. “Terakhir, saya berharap, agar kita semua dapat menghargai waktu dengan cara, hadir tepat waktu pada setiap acara apapun”, pungkasnya.   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *