Agenda KegiatanBeritaPENGUMUMANPUBLIKASI

Dua Fase, 327 Lamar jadi Panwascam di Bawaslu Bima

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H.
Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H.

Bima, Bawaslubimakab,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu ) Kabupaten Bima telah menerima 327 berkas pelamar yang mendaftarkan diri untuk menjadi calon anggota Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam). Sebagaimana yang diberitakan sebelumnya, bahwa pendaftaran calon anggota Panwascam di Kabupaten Bima diperpanjang masa pendaftarannya khusus untuk 17 kecamatan, karena belum terpenuhinya kuota perempuan pada tahap pendaftaran awal.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., membeberkan, pendaftaran tahap awal tercatat 277 pelamar, terdiri dari 237 laki-laki dan 40 perempuan. Sementara pada masa perpanjangan terdapat 50 pelamar, masing-masing 20 orang laki-laki dan perempuan 30 orang. Dari total pelamar tersebut, 14 orang diantaranya berpotensi tidak memenuhi syarat.

Menurut pria yang akrab disapa Ebit ini, karena pada masa pendaftaran awal belum  memenuhi 30 persen kuota perempuan berdasarkan jumlah pendaftar laki-laki yang mendaftarkan diri pada masing-maing kecamatan, sehingga masa pendaftaran diperpanjang. “Hal itu telah kami lakukan, dan masa perpanjangan pendaftaran itu telah berakhir pada Sabtu, 8 Oktober 2022,” terangnya.

Diakuinya, meski sudah dilakukan perpanjangan pendaftaran, namun kuota perempuan masih belum terpenuhi. Kendati demikian, pendaftaran Panwascam tidak akan diperpanjang lagi. “Sekarang sudah tidak ada lagi perpanjangan pendaftaran, meski masih ada kecamatan yang kuota perempuannnya belum terpenuhi,” urainya.

Dibeberkannya, setelah dilakukan verifikasi admnistrasi, terdapat 14 orang calon peserta yang berpotensi tidak memenuhi syarat. Bagi peserta yang dinyatakan lulus administrasi, tambahnya, akan diumumkan pada Rabu, 12 Oktober 2022, dan berhak untuk  mengikuti tahap berikutnya, yakni seleksi tertulis yang dilakukan melalui Computer Assisted Test (CAT).

Lantas, kapan dan dimana CAT itu akan dilaksanakan? Ebit menjelaskan, CAT itu akan dimulai pada Jum’at 14 Oktober hingga Minggu 16 Oktober 2022, di SMA Negeri 1 Woha dengan menggunakan 1 ruangan berkapasitas 60 unit computer. “Jadi, masing-masing sesi akan diikuti oleh 60 peserta sesuai dengan jumlah unit computer yang tersedia,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *