BeritaPUBLIKASI

Junaidin: Tekankan Pengawas Desa Jaga Integritas

Suasana
pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Rede di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Madapangga Rabu, 30/8/23. Doc: Humas Bawaslu Bima

Kab.Bima- Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin menghadiri acara pelantikan Pergantian Antar Waktu (PAW) Pengawas Kelurahan/Desa (PKD) Rede di Sekretariat Panwaslu Kecamatan Madapangga Rabu, 30/8/23.

Perosesi Pelantikan dan pengambilan sumpah janji yang dilakukan Ketua Panwaslu Kecamatan Madapangga tersebut untuk mengisi kekosongan jabatan Pengawas Desa Rade yang sebelumnya telah mengundurkan diri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, dalam arahannya menyampaikan bahwa menjadi penyelenggara Pemilu tidak mudah, penyelenggara pemilu dituntut untuk siap bekerja penuh waktu serta tugas kepengawasan yang dilakukan akan dipertanggung jawabkan kepada Negara dan  Tuhan Yang Maha Esa.

Disisi lain lanjutnya, menjadi penyelenggara Pemilu memiliki rasa kebanggaan tersendiri, karna dapat terlibat dan berkontribusi langsung dalam penyelanggaraan Pesta Demokrasi.

“Saya Ucapakan selamat Kepada PKD yang baru saja dilantik, Selamat bergabung dikeluarga Besar Bawaslu Kabupaten Bima, semoga tugas pengawasan yang diamanatkan dapat diemban dengan baik” ucapnya.

Joe, sapaan akrab Ketua Bawaslu Bima, juga meminta kepada jajaran Panwaslu Kecamatan untuk terus memperkaya ilmu Kepemiluan, terutama tentang regulasi yang mengatur pelaksanaan Pemilu, “minimal memahami dua regulasi, Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu” sebutnya, dia juga menekankan kepada Jajaran Panwaslu Kecamaatan dan PKD untuk tetap menjaga Integritas dan nama baik lembaga.

“Dalam melakukan pengawasan, nilai-nilai integritas harus dikedepankan, tidak ada kepentingan apapun selain kepetingan mensukseskan Pemilu yang berlangsung sesui asanya” Tegasnya.

Junaidin, Ketua Bawaslu Kab.Bima saat memberikan pengarahan setelah Proses pelantikan PAW Pengawas Kelurahan/Desa Rede.

Lebih lanjut, dia menyampaikan isu money politik yang sedang hangat dibicarakan dikalangan masyarakat, dia mengingatkan kepada Panwaslu Kecamatan dan Pengawas Desa untuk tetap sigap dalam melakukan pengawasan serta aktif memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya money politik.

Sementara itu Ketua Panwaslu Kecamatan Madapangga Ardiansyah, mengatakan bahwa PKD merupakan ujung tombak Pengawasan Pemilu, dia berharap PKD di Kecamatan Madapangga mampu mejalankan tugas pengawasan dengan baik, mengingat pelanggaran yang terjadi kerap berpusat di wilayah Pedesaan.

Dia, juga mengajak jajaran PKD untuk terus belajar tentang regulasi Pemilu serta membangun relasi dengan masyarakat di wilayah masing-masing, “ditengah pelaksanaan Pemilu yang mendekati puncak Tahapan, kita membutuhkan dukungan serta informasi dari masyarakat dalam menjalankan tugas pengawasan”Pungkasnya

Dalam prosesi Pelantikan tersebut dihadiri juga oleh Anggota Panwaslu Kecamatan Madapangga, perwakilan Muspika Kecamatan madapangga dan PKD Se-Kecamatan Madapangga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *