Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Ikuti Pleno Rekapitulasi DPB, Ini Harapan Bawaslu Kabi untuk KPU dan Parpol

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. saat menyampaikan beberapa hal terhadap peserta rapat pleno rekapitulasi data pemilih berkelanjutan, di aula kantor KPU Kabupaten Bima pada Rabu (30/3/2022), terkait langkah kontrit untuk menghasilkan data pemilih yang berkualitas.

-Bima, Bimakab,-Data pemilih selalu saja menjadi pemicu timbulnya masalah pada setiap Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan. Karena itu, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima terus mengingatkan Komisi pemiihan Umum (KPU) Kabupaten Bima untuk menghasilkan data yang akurat, komprehensif, dan termutakhir.

Pada momen Rapat Pleno Rekapitulasi Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) periode Maret yang berlangsung di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima, pada Rabu (30/3/2022), Ketua Bawaslu kabupaten Bima, Abdullah, S.H. mengingatkan KPU setempat agar lebih disiplin, tertib, dan teliti dalam melakukan pemutakhiran data pemilih.

Hal itu penting, kata dia, agar kualitas data pemilih untuk Pemilu dan Pemilihan serentak 2024 mendatang dapat dipertanggungjabkan sesuai petunjuk aturan.

Setidaknya, ada 3 (tiga)  poin yang menjadi masukan pria yang akrab disapa Ebit ini untuk KPU dan Partai Politik, yakni KPU menggandeng Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMDes)  untuk mengambil data pemilih pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak 2022 di Kabupaten Bima sebagai acuan untuk Data Pemilih Berkelanjutan (DPB) Pemilu 2024 mendatang, kemudian segera menindaklanjuti rekomendasi Bawaslu pada bulan sebelumnya, terkait temuan atas perbedaan angka rekapitulasi KPU dengan angka yang dihitung oleh Bawaslu, dan pengumuman DPB by name by address ke masing-masing desa se-Kabupaten Bima.

Sementara untuk Partai Politik (Parpol), Ebit mengharapkan agar berkenan untuk berperan aktif dalam proses pemutakhiran data pemilih berkelanjutan, demi menghasilkan data yang akurat, komprehensif, dan termutakhir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *