BeritaPUBLIKASI

Ikutkan Parpol, Bawaslu Bima Gelar ToT Saksi

 

Potret Ketua Bawaslu Kabupaten saat memberikan sambutan pada kegiatan TOT yang yang melibatkan Panwaslu Kecamatan dan Anggota Partai Politik Peserta Pemilu 2024

Bima,BawasluBimaKab.,- Tingkatkan kemampuan Panwaslu kecamatan dalam memfasilitasi pelatihan saksi Parpol pada Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima gelar Rapat Koordinasi training of trainer (TOT) di Ball Room Hotel Marina INN Bima, Selasa s.d Rabu (5-6/12)

Dalam pelaksanaan kegiatan TOT itu selain melibatkan Panwaslu Kecamatan Se-Kabupaten Bima juga mengundang Anggota Partai Politik peserta Pemilu.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin menjelaskan Pelatihan tersebut cukup penting dilakukan pengingat Panwaslu Kecamatan yang nantinya akan menjadi fasilitator dalam melatih dan memberikan materi terhadap saksi parpol.

“saksi parpol diharuskan untuk memahami prosedur pelaksanaan pungut hitung dan proses rekapitulasi, sehingga Panwaslu Kecamatan yang akan menjadi fasilitator pelatihan harus kami tempah terlebih dulu” jelas Junaidin.

Joe sapaan akrab Ketua Bawaslu Bima juga itu menjelaskan terkait perihal pihaknya yang juga melibatkan Partai Politik dalam pelatihan tersebut, ia mengatakan hal tersebut bertujuan agar parpol juga memahami fungsi dan tugas para saksi yang dimandatkan untuk menyaksikan proses Pungut Hitung dan rekapitulasi di 1.588 TPS di Kabupaten Bima.

Suasana kegiatan TOT yang dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 6 Desember 2023 di Ball Room Hotel Marina INN Bima.

“Bawaslu harus lebih dini untuk ingatkan Parpol untuk mempersiapkan saksi yang akan diberikan pelatihan, mengingat pada pemilu 2019 cukup banyak saksi yang tidak hadir dalam pelaksanaan pelatihan.” Jelas Joe.

Dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi training of trainer (TOT) itu Bawaslu Kabupaten Bima menghadirkan dua Akademisi sebagai narasumber yang di antaranya Dr.Taufik Firmanto, SH.,L.LM dan Dr. Syarif Ahmad, MSi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *