Agenda KegiatanBeritaGaleri FotoPUBLIKASIUncategorized

Ingin Wujudkan Pemilu yang Berkualitas, Bawaslu Kabi Lakukan Ini

Momen Webinar Pendidikan Pemilu Perempuan Edisi Ke-5, yang Digelar Secara Daring oleh Bawaslu Kabupaten Bima, Jum’at (29/10/2021)

Bima, Bawaslubimakab,-Wabinar Pendidikan Pemilu Perempuan adalah merupakan salah satu program rutin Bawaslu Kabupaten Bima dalam mengisi masa non tahapan Pemilu. Webinar edisi ke-5 yang digelar secara daring pada Jum’at, 29 Oktober 2021 ini, bertopik “Urgensi Pemetaan Indeks Kerawanan Pemilu dan Tantangan Bawaslu dalam Menegakkan Keadilan Pemilu”.

Topik tersebut, kata Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., merupakan topic pilihan, karena soal kerawanan pemilu adalah merupakan salah satu masalah yang sangat berpotensi mengganggu proses pelaksanaan Pemilu, sehingga dibutuhkan bekal yang memadai untuk melakukan identifikasi atau memetakan IKP yang dimaksud untuk kemudian dirumuskan langkah strategis dalam melakukan pencegahan dan pengawasan guna meminimalisasi tingkat pelanggaran, serta penindakan.

Atas dasar itulah, sehingga pada webinar kali ini, selain menghadirkan Komisioner Bawaslu NTB, Umar Achmad Seth, S.H., M.H., dan Ketua Bawaslu Provinsi Maluku, Astuti Usman, S. Ag., M.H. masing-masing sebagai narasumber, pihaknya juga menghadirkan Komisioner Bawaslu RI, Dr. Ratna Dewi Pettalolo, S.H., M.H. untuk bertindak sebagai keynote speaker dalam kegiatan webinar yang dimaksud.

Hal yang sama disampaikan oleh pencetus program webinar pendidikan pemilu perempuan Bawaslu Kabupaten Bima, Damrah, M. Pd. Dikatakannya, pemetaan IKP adalah merupakan salah satu instrument untuk mendeteksi dini potensi pelanggaran Pemilu, sehingga Bawaslu sebagai pengawas Pemilu dapat menyiapkan formula yang tepat untuk meminimalisasi tingkat pelanggaran Pemilu, hingga dapat terwujud Pemilu yang demokratis dan berintegritas untuk terpilihnya pemimpin yang berkualitas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *