BeritaPUBLIKASI

Jelang Kampanye, Bawaslu Kabi Pastikan Kesiapan dalam Menyelesaian Sengketa Proses Pemilu

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun, S.Pd (Kanan)

-Bima, Bawaslubimakab,-Menghadapi tahapan kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima sudah sangat siap untuk menfasilitasi penyelesaian sengketa proses Pemilu serentak 2024.

Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Hasnun, S.Pd., mengaku, jika pada tahapan kampanye yang akan dimulai pada November mendatang ada pihak yang bersengketa, baik sengketa yang terjadi antar-peserta Pemilu maupun sengketa antar-peserta dengan penyelenggara Pemilu, maka dapat dipastikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) Bawaslu Kabupaten Bima sudah sangat siap untuk menyelesaikan sengketa yang dimaksud.

“Saya pastikan bahwa kami sudah sangat siap dan matang dalam mempersiapkan SDM pengawas untuk menfasilitasi penyelesaian sengketa proses Pemilu, jika pada masa kampaye nanti ada pihak yang bersengketa,” ujarnya dengan penuh yakin.

Kok sangat optimis, apa indikatornya? Cukup sederhana, terang pria yang akrab disapa Bang Alex ini, jauh-jauh hari Bawaslu Kabupaten Bima sudah mempersiapkan SDM untuk itu, mulai dari perangkat di tingkat Kabupaten, Kecamatan, dan bahkan hingga pengawas desa.

“Pola kerja yang selalu kami terapkan di Bawaslu Kabupaten Bima  adalah mempersiapkan diri lebih dini, sehingga ketika di kemudian hari ada masalah, maka kami tidak perlu risau, karena konsep dan langkah strategis sudah terlebih dahulu disiapkan sebelum munculnya masalah,” bebernya.

Dokumentasi Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi (Monev) di Panwaslu Kecamatan terkait Kesiapan penyelesaia Proses Pemilu

Lebih Lanjut Dia menjelaskan, bahwa untuk memantapkan kesiapan personil dalam menfasisilitasi penyelesaian sengketa proses Pemilu, pihaknya telah berkali-kali melakukan latihan peningkatan kapasitas, baik di tingkat kabupaten, maupun di jajaran pengawas adhoc di kecamatan dan desa.

“Iya, hal itu sudah lama kami siapkan, yakni sejak September lalu kami sudah membekali sahabat-sahabat jajaran pengawas, baik pada tingkat kabupaten maupun di jenjang kecamatan. Pelatihan peningkatan kapsitas itu kami gunakan metode On the Job Training, sehingga peserta latihan bisa langsung mempraktekan setiap teori yang diterima. Berdasarkan hasil evaluasi sementara kami di tingkat Kabupaten, bahwa SDM pengawas Pemilu di Kabupaten Bima sudah sangat siap dan matang dalam hal itu, ditandai dengan adanya hasil simulasi yang ditunjukan oleh sahabat pengawas dari hari ke hari sudah semakin mendekati kesempurnaan,” pungkas pemuda yang biasa disapa Bang Alex ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *