Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPENGUMUMANPUBLIKASI

Ketua Bawaslu Ajak Para Pihak Sadar Hukum, Jika Melanggar Akan Ditindak Tegas

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. saat menyampaikan saran usul pada rapat koordinasi persiapan pelaksanaan tahapan lanjutan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2020, di aula KPU setempat
Momen Rapat Kordinasi Tahapan Lanjutan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 di Aula KPU Kabupaten Bima, Rabu (17/06/2020)

Bima, Bawaslubimakab,-Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. menghimbau para pihak untuk menaati segala ketentuan yang berlaku selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bima 2020, yang akan digelar 9 Desember mendatang.

“Pilkada akan aman jika berbagai pihak sadar dan mau menjalankan tugas dan tanggung jawab sesuai Tupoksi masing-masing berdasarkan aturan yang berlaku,” tegasnya pada saat mengikuti rapat kordinasi persiapan pelaksanaan tahapan lanjutan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh KPU Kabupaten Bima di aula KPU setempat, Rabu (17/06/2020).

Pada tanggal 24 Juni ini, kata dia, berkas bakal pasangan calon perseorangan akan diserahkan ke PPS oleh KPU untuk kepentingan verifikasi factual. Untuk itu, ia menekankan KPU agar dalam momen rapat tersebut dimanfaatkan untuk membahas tuntas terkait persiapan menghadapi verfak yang tahapannya tidak lama lagi akan dilaksanakan. “Saya harap, melaui rapat ini, KPU harus membahas tuntas terkait persiapan menghadapi verfak yang sebentar lagi akan dilaksanakan,” harapnya.

Sementara untuk tim Gugus Covid-19, ia menghimbau agar memperhatikan para pihak yang terlibat langsung selama proses verfak, seusuai standar kesehatan protocol Covid-19. “Karena personil yang akan melakukan verfak nantinya akan berhadapan dengan banyak orang, sehingga perlu diberikan bekal yang memadai dalam menjalankan tugasnya di lapangan sesuai protocol kesehatan Covid-19,” tuturnya.

Pemuda yang akrab disapa Ebit ini, juga menyinggung soal penertiban alat peraga dan bahan kampanye. Menurutnya, yang berwenang untuk menertibkannya ada pada Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). “Bawaslu tidak berwenang untuk menertibkan alat peraga dan bahan kampanye, namun kewenangan itu melekat pada Satpol PP. Untuk itu, kami menghimbau kepada Satpol PP yang hadir pada momen ini untuk dapat meneruskan informasi ini hingga di tingkat bawah,” harapnya.

Selain itu, Ebit berharap kepada tim penghubung Bakal Pasangan Calon (Bapaslon), serta Parpol pengusung untuk menjunjung tinggi sportifitas selama proses Pilkada berlangsung. “Harapan saya kepada tim penghubung Bapaslon serta Parpol yang bakal mengusung Bapaslon, agar kiranya dapat sportif serta sadar hukum, tidak saling mencari kesalahan satu sama lain dengan lapor melapor,” tegasnya

Karena, lanjut Ebit, jika ditemukan hal-hal yang menyimpang dari aturan yang berlaku, maka Bawaslu akan menindak tegas siapapun yang melanggar aturan yang telah ditentukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *