Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Komit Ciptakan Pilkada Berkualitas, Bawaslu Bangun Kampung Pengawasan Partisipatif

Salah satu momen sosialisasi kampung pengawasan partisipatif

Bima, Bawaslubimakab,-Menyongsong Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten telah membentuk 12 kampung pengawasan partisipatif. Kampung pengawasan partisipatif tersebut dibentuk agar masayarakat setempat dapat ikut andil dalam menyukseskan Pilkada mendatang.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. mengaku, untuk menyukseskan Pilkada dibutuhkan keterlibatan semua pihak untuk berpartisipasi mengawasi Pilkada.

Karena itu, ia mengaku memiliki target untuk membentuk kampung pengawasan partisipatif sebanyak-banyaknya. “Untuk sementara ini kami baru membentuk 12 kampung pengawasan, dan kami akan mengupayakan untuk membangun kampung mpengawasan partisipatif sebanyak-banyaknya di Kabupaten Bima ini,” Tutur Ebit, Sapaan akrab Ketua Bawaslu Kabupaten Bima ini.

Menurut  Ebit, pembentukan kampung pengawasan partisipatif merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Bawaslu dalam rangka membangun kesadaran masayarakat tentang pentingnya pengawasan partisipatif dalam menyukseskan Pemilu/Pilkada.

Diakuinya, pembentukan kampung pengawasan artisipatif itu, pihaknya dibantu oleh kader pengawasan partisipatif yang sudah  dilatih oleh Bawaslu NTB beberapa waktu lalu. Dikatakannya, kehadiran kader pengawasan partisipatif sangat membantu pihak Bawaslu Kabupaten Bima dalam hal sosialisasi pengawasan partisipatif di masyarakat secara luas.

Di Kabupaten Bima, kata  Ebit, ada 10 kader pengawasan partisipatif terlatih yang telah bergerak di masayarakat dalam rangka membantu Bawaslu menyosialisasikan tentang pentingnya pengawasan partisipatif.

Pada hari ini, lanjutnya, kader pengawasan partispatif akan menyosialisasikan kampung pengawasan partisipatif dengan para muda dan komunitas pramuka di Kecamatan Langgudu, Kabupaten Bima. Hal itu dilakukan untuk membangun kemitraan bersama dalam mengawal pelaksanaan Pilkada Bima 2020. “Malam tahun baru nanti, kawan-kawan kader pengawasan partispatif akan melakukan sosialisasi kampung pengawasan partisipatif di pantai Jampa-Maci Kecamatan Langgudu,” Pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *