Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPENGUMUMANPUBLIKASI

Pilkada 2020, Bawaslu Bima Terus Berbenah

Kordiv Hukum, Humas dan Datin Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, S. Pd.
Suasana rapat evaluasi Bawaslu bersama Panwascam se-Kabupaten Bima yang berlangsung di ruang Gakkumdu Bawaslu Kabupaten Bima, Selasa (10/3/2020)

Bima, Bawaslubimakab,-Mantapkan persiapan dalam mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Selasa (10/3/2020) menggelar rapat evaluasi bersama Ketua dan Koordinator Divisi (Kordiv) Organisasi dan Sumber Daya Manusia (O-SDM) Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bima.

Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Humas dan Data Informasi Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, S. Pd., menuturkan, Rakor tersebut merupakan salah satu upaya penguatan yang dilakukan oleh Bawaslu Kabupaten Bima dalam rangka mengukuhkan militansi ideologi pengawas Pilkada di Kabupaten Bima dalam menjalankan tugas kepengawasan.

Karena, sebagai pengawas Pilkada, kata dia, personil harus memiliki kesiapan mental dan fisik yang memadai, cekatan, disiplin dan teliti dalam bekerja. Menurutnya, evaluasi itu penting untuk memantapkan kinerja pada tahap berikutnya, sehingga outputnya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bima hingga 5 tahun mendatang

“Rapat evaluasi ini dilakukan untuk mengukur sejauh mana efektivitas dari pola kerja yang telah dilakukan oleh masing-masing Panwascam, serta apa saja peluang dan tantangan yang dihadapi oleh masing-masing Panwascam dalam menjalankan tugas selama memasuki tahapan Pilkada,” tuturnya

Sehingga, lanjutnya, rapat evaluasi tersebut bisa menjadi solusi terbaik untuk menemukan  ide dan gagasan dalam menyelesaiakn setiap persoalan yang dihadapi. “Kata kuncinya adalah, melalui pertemuan ini kita satukan persepsi dalam rangka menjalankan tugas negara sebagai pengawas Pilkada,” tuturnya.

Adapun yang menjadi salah satu titik fokusnya, lanjutnya, terkait pola pengawasan yang tepat dan efektif yang dilengkapi dengan administrasi pada setiap tahapan yang telah dilaksanakan. “Kita ini bekerja atas dasar aturan dan ketentuan yang baku, tidak berdasarkan kehendak yang dinginkan. Karena itu, disiplin administrasi sangat perlu sebagai bentuk pertanggungjawaban pada pemerintah dan masyarakat pada umumnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *