Agenda KegiatanBeritaGaleri FotoPENGAWASANPUBLIKASI

Pleno Terbuka Tetapkan Paslon Terpilih, Bawaslu Koreksi KPU

Bima, Bawaslubimakab,- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menyarankan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat untuk terlebih dahulu memastikan keberadaan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati terpilih sebelum acara Rapat Pleno Penetapan hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2020 itu dilanjutkan. Pasalnya, saat acara dibuka, Hj Indah Dhamayanti Putri, SE dan Drs. Dahlan HMN, masih berada di luar daerah.

Pesan tersebut disampaiakan oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, SH pada moment Rapat Pleno Terbuka Penetapan Hasil Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima Tahun 2020 yang berlangsung di halaman Kantor KPU setempat, Jum’at (19/2/2021). Kala itu, pria yang akrab disapa Ebit ini menginterupsi sesaat setelah pimpinan sidang Imaduddin, SH baru saja membuka acara rapat pleno terbuka yang dimaksud.

“Kami sarankan, sebelum acara dilanjutkan, sebaiknya Pimpinan sidang menghubungi LO Paslon terpilih untuk memastikan keberadaannya saat ini,” terangnya.

Hal itu penting, kata dia, karena pascapenetapan tersebut akan ada penyerahan berita acara penetapan kepada Paslon terpilih. Saran Ketua Bawaslu itu direspon baik oleh Pimpinan Sidang, yakni langsung menghubungi tim penghubung pada saat itu juga. Menanggapi pertanyaan tersebut, tim penghubung yang hadir di tempat yang sama, memastikan bahwa Paslon terpilih akan tiba sekira pukul 11.00 wita di tempat acara, karena yang bersangkutan sedang dalam perjalanan dari Lombok menuju Bima.

Atas dasar hal itu, rapat pleno terbuka yang dimaksud disepakati untuk dilanjutkan sambil menunggu tibanya Paslon Bupati dan Wakil Bupati Bima terpilih di tempat acara. Pimpinan rapat pun melanjutkan rapat yang diawali dengan pembacaan dasar hukum dan hal-hal lainnya yang berhubungan dengan penetapan Paslon Bupati dan Wakil Bupati terpilih, lalu menetapkan Paslon Hj. Indah Dhamayanty Putri, SE-Drs H. Dahlan HM. Noer sebagai Bupati terpilih pada Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020, lalu.

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Bima terpilih tiba di Kantor KPU setempat sekira pukul 11.20 wita, dan berita acara penetapan pun langsung diserahkan kepada masing-masing Ketua DPRD Kabupaten Bima, Parpol dan gabungan Parpol yang mengusul Paslon, Paslon terpilih dan Bawaslu Kabupaten Bima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *