Agenda KegiatanBeritaGaleri FotoPENGAWASANPENGUMUMANPUBLIKASI

Protokol Covid-19, Bawaslu Warning KPU Tegas ke Bapaslon

Kordiv Organisasi dan Sumber Daya Manusia (O-SDM) Bawaslu Kabupaten Bima, Junidin, S. Pd.

Bima, Bawaslubimakab,-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bima warning Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, agar tegas menindaklanjuti rekomendasi Pengawas Pemilu terkait penerapan protocol covid-19, sebagaimana ketentuan Peraturan KPU Nomor 10 Tahun 2020.

Komisioner Bawaslu Kabupaten Bima, Junaidin, mengatakan, terkait hasil pengawasan Bawaslu Kabupaten Bima pada saat pendaftaran  Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bima, ketiga Bakal Pasangan Calon yang mendaftar teridentifikasi melanggar protocol kesehatan covid-19, karena rata-rata memobilisasi massa dalam jumlah besar. “Selain berkerumun, massa yang hadir bersama Bapaslon di luar halaman Kantor KPU juga banyak yang tidak memakai masker,” ucap Joe, sapaan akrabnya.

Terhadap hasil pengawasan tersebut, lanjut Koordinator Divisi Organisasi dan SDM ini, Bawaslu telah menindaklanjuti ke KPU dengan menerbitkan rekomendasi. Menurut dia, rekomendasi Bawaslu itu harus ditindaklanjuti ke Bakal Pasangan Calon, agar tidak melakukan hal sama  pada moment lain.

“Anehmya, pascarekomendasi kami masih terjadi pengumpulan massa dan aksi konvoi yang dilakukan oleh Bapaslon dengan mengabaikan protocol kesehatan covid. Asumsinya, bisa jadi KPU tidak tegas menindaklanjuti hal ini,” duganya.

Menurut Joe, pada tahapan penetapan pasangan calon dan pengundian nomor urut yang akan berlangsung pada tanggal 23 dan 24 September mendatang, harus diatensi oleh para Bapaslon agar memperhatikan protocol kesehatan covid. Bawaslu berharap, pada dua tahapan krusial tersebut, Bapaslon tidak memobilisasi massa dalam jumlah yang besar. “Besar harapan kami tidak ada mobilisasi massa.” Pintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *