Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Rakor, Bawaslu-KPU Sepakat Wujudkan Pemilu Berigritas dengan Cara Ini

Bima, Bawaslubimakab,-Badan pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima mengggelar rapat koordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima, Kamis (11/8/2022) di ruang rapat Bawaslu setempat.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menyatukan persepsi antara KPU-Bawaslu guna meminimalisasi tingkat pelanggaran pada tahapan pendaftaran dan verifikasi administrasi Partai Politik (Parpol).

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H., menjelaskan, koordinasi dan konsolidasi antara Bawaslu dan KPU sangat penting  untuk menemukan formulasi yang tepat dalam meminimalisasi terjadinya pelanggaran.

Karena itu, kata dia, penting bagi Bawaslu dan KPU untuk mendesain langkah strategis dalam mencegah terjadinya pelanggaran. Salah satu upaya yang dapat dilakukan, lanjutnya, dengan melakukan pemetaan masalah untuk mengidentifikasi dini setiap potensi yang dapat diduga berpotensi terjadinya pelanggaran.

Melalui momen rakor tersebut, selain berkomitmen untuk terus meningkatkan koordinasi dan konsolidas, Bawaslu-KPU juga sepakat bahwa dalam waktu dekat ini akan melakukan simulasi bersama terkait alat kerja untuk persiapan verifikasi faktual Parpol calon peserta Pemilu pada Pemilu serentak 2024 mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *