Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPENGUMUMANPUBLIKASI

Urgensi Partisipasi Masyarakat Sukseskan Pilkada

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H.
Sambutan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima pada momen pelatihan pengawasan partisipatif di Kalaki Beach Hotel, Sabtu (14/3/2020)

Bima, Bawaslubimakab,- Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. mengajak seluruh elemen masyarakat khususnya yang ada di Kabupaten Bima untuk sama-sama mengawasi proses Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020.

Ajakan tersebut disampaikan pada saat menyampaikan sambutan melaui momen pembukaan pelatihan pengawasan partisipatif yang digelar di Kalaki Beach Hotel, Sabtu (14/3/2020)

Partisipasi masyarakat amat penting, kata dia, selain karena Bawaslu memiliki keterbatasan personil, juga mengingat luasnya wilayah yang harus diawasi. “Kami sadar, bahwa kami memiliki keterbatasan untuk melihat dan mendengar, karena personil kami cukup terbatas. Jajaran kami di Kabupaten Bima hanya 5 (lima) orang, harus mengawasi 191 desa dan 18 kecamatan. Sementara di tingkat kecamatan hanya ada 3 personil yang harus mengawasi seluruh desa yang ada di wilayah kecamatan tersebut. Berikut di tingkat desa hanya tersedia 1 orang pengawas yang harus mengawasi di tingkat RT, RW dan dusun,” urainya.

Menurutnya, proses pelaksanaan Pilkada tidak bisa berjalan dengan baik tanpa ada partisipasi masyarakat. Karena itu, ia mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal proses Pilkada. “Dalam proses Pilkada tidak hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara, tetapi menjadi tanggung jawab bersama masyarakat,” tuturnya.

Ebit, sapaan akrab Ketua Bawaslu Kabupaten Bima ini, menghimbau kepada seluruh kader pengawasan partisipatif, dan anggota kampung pengawasan partisipatif yang telah dilatih, untuk bisa berperan aktif mengambil bagian dalam menyukseskan Pilkada Bima 2020, sehingga akan terpilih pemimpin yang berkualitas untuk membangun Bima menuju kabupaten yang mandiri dan berdaya saing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *