Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPUBLIKASI

Wujudkan Pilkada Berkualitas, Ketua Bawaslu: Tiga Komponen Harus Bersinergi

Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. saat Menyampaikan Sambuta pada Momen Sosialisasi Pengawasan Partsipatif terhadap ASN dan Perangkat Desa se-Kecamatan Belo Selatan, di Gedung Bersama Bintang Desa Lido, Kecamatan Belo, Minggu (12/1/20)

Bima, Bawaslubimakab,-Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan salah satu proses penguatan demokrasi sebagai upaya dalam mewujudkan tata pemerintahan yang efektif dan efisien. Untuk menyukseskan Pilkada, butuh peran aktif dari berbagai pihak.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. pada saat menyampaikan sambutan melalui momen sosialisasi pengawasan partisipatif di Kecamatan Belo selatan, Minggu (12/1/20).

Menurutnya, terdapat 3 (tiga) komponen yang berperan penting untuk suksesnya Pilkada, yakni penyelenggara Pilkada yang terdiri dari penyelenggara tekhnis dan pengawas, peserta Pilkada, dan masyarakat umum. “ASN dan perangkat desa masuk dalam kategori masyarakat,” terangnya.

Pilkada, kata dia, akan berlangsung secara demokratis dan bermartabat, bila ketiga elemen tersebut dapat bersinergi dan saling berkesinambungan, yakni penyelenggara yang taat asas penyelenggara atau berintegritas tinggi, peserta Pilkada yang profesional dan berintegritas, serta masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpartisipasi aktif, mandiri dan bermartabat.

Untuk itu, ia mengajak para pihak untuk sama-sama menyukseskan Pilkada demi terpilihnya Bupati dan Wakil Bupati Bima yang berkualitas nan pro-rakyat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *