BeritaPUBLIKASI

Awasi Coklit, Ketua Bawaslu Bima Cek Kesiapan Pasukan

Potret Ketua Bawaslu Kabupaten Bima Junaidin, S.Pd., M.H saat memberikan pengarahan kepada Panwascam dan PKD Kecamatan Monta

Bima.BawasluBimaKab.,- Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, melakukan supervisi dan monitoring ke Panwascam dan Panwas Desa guna memastikan kesiapan jajarannya untuk awasi pelaksanaan Pencocokan dan Penelitian.

Senin (24/6), Junaidin cek langsung kesiapan pasukannya di Kecamatan Woha dan Monta, sekaligus memberikan arahan dan bekal tentang strategi pengawasan kepada Pengawas Desa yang dihadirkan di Sekretariat Panwascam.

Kata Joe, sapaan Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, dalam melaksanakan pengawasan Mutarlih, pengawas Pemilu jangan menjadi ‘kurir’ yang kerjaannya hanya mengambil data dari Pantarlih. Namun harus memiliki data yang orisinil dari hasil pengawasan. “Jangan justru data yang diperoleh atau diminta dari Pantarlih kemudian langsung diteruskan ke Panwascam sebagai laporan hasil pengawasan,” urainya.

Untuk memperoleh hasil pengawasan yang autentik, jelas Ketua Bawaslu, Pengawas Pemilu harus secara melakat awasi Coklit. Selain itu, Pengawas Pemilu wajib melakukan audit investigasi terhadap proses coklit oleh Pantarlih. “Pengawasan melekat dan uji sampling, menjadi strategi Bawaslu untuk menguji ketaatan dan kepatuhan Pantarlih dalam melaksanan Coklit.

Joe berharap, KPU Kabupaten Bima serius memberikan bekal pemahaman tekhnis Coklit kepada Pantarlih, agar petugas yang bekerja selama sebulan lamanya itu mendapatkan data pemilih yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan. “Kualitas data pemilih bergantung pada hasil Coklit ini. Jadi saya ingatkan sahabat KPU agar secara cermat memberikan pemahaman kepada mereka,” pintanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *