Agenda KegiatanBeritaPENGAWASANPENGUMUMANPUBLIKASI

Awasi Dukungan Bapaslon Perseorangan, Bawaslu Temukan Perselihan Hasil…

Bima, Bawaslubimakab,- Serangkaian proses penyerahan, pengecekan dan perbaikan  berkas dukungan Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Bima 2020 dari jalur perseorangan diawasi secara melekat oleh Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima. Proses tersebut berlangsung sejak 19 sampai dengan 26 Februari 2020.

Koordinator Divisi Hukum, Humas, Data dan Informasi Bawaslu Kabupaten Bima, Taufiqurrahman, S. Pd., mengatakan, Bapaslon yang mendaftarkan diri di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bima untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Bima 2020 hanya terdapat 1 (satu) pasangan, yakni Bapaslon Ruslan H. Ismail sebagai Balon Bupati dan Syarimin Puasa sebagai Balon Wakil Bupati.

Menurutnya, Bapaslon tersebut mulai mengajukan berkas dukungannya pada Rabu (19/2), namun karena belum lengkap dan tata urutan berkas yang diajukan belum sesuai ketentuan, sehingga dikembalikan oleh KPU setempat pada hari yang sama, untuk dilengkapi dan dibenahi,.

Adapun berkas dukungan yang diajukan Bapaslon pada hari pertama pengajuannya tersebut, kata dia, surat pernyataan dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Formulir B.1-KWK), dan surat pernyataan daftar nama pendukung bakal pasangan calon perseorangan (Formulir B.1.1-KWK), sementara rekapitulasi jumlah dukungan bakal pasangan calon perseorangan (Form B.2-KWK) belum disiapkan oleh tim bakal pasangan calon tersebut pada hari pertama penyerahan berkas dukungan yang yang dimaksud. Berkas dukungan yang dikembalikan oleh KPU tersebut dilengkapi dan diperbaiki oleh tim Bapaslon, kemudian diserahkan kembali ke KPU Kabupaten Bima pada Minggu (23/2) pada pukul 20.22 wita.

KPU Kabupaten Bima mulai memeriksa dan mengecek berkas dukungan Bapaslon perseorangan tersebut sejak 23-26 Februari di Aula KPU setempat. Berdasarkan hasil  verifikasi, jumlah dan sebaran dukungan calon perseorangan yang diajukan Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Bima, Ruslan H. Ismail dan Syarimin Puasa dinyatakan memenuhi syarat oleh KPU setempat. Dari hasil verifikasi tersebut, tercatat 31.208 dukungan yang dianggap memenuhi syarat dari ketentuan syarat minimal 31.093, dengan sebaran dukungan minimal 10 kecamatan dari 18 kecamatan yang ada di Kabupaten Bima. “Jumlah dan sebaran dukungan melebihi standar minimal, yakni terdapat 31.208 dukungan yang tersebar di 18 kecamatan,” tuturnya.

Karena itu, tambahnya, Bapaslon tersebut sudah menerima tanda terima dari KPU setempat sebagai bukti bahwa yang bersangkutan masih berkesempatan menuju ke tahap berikutnya, yakni tahapan verivikasi administrasi dan verifikasi factual.

Berdasarkan hasil pengawasan melekat Bawaslu Kabupaten Bima, ditemukan selisih jumlah dukungan dari jumlah yang diserahkan oleh Bapaslon perseorangan dengan hasil pengecekan dan pemeriksaan KPU setempat. Selisih jumlah dukungan tersebut dapat dilihat dalam tabel yang discreenshot berikut ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *