BeritaPUBLIKASI

Hadiri Launching Pilkada, Bawaslu Sarankan Lokasi Strategis

Suasana Rakor Persiapan Launching Tahapan Pilkada Bima 2020 di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima, Kamis (14/11/2019)
Suasana Rakor Persiapan Launching Tahapan Pilkada Bima 2020 di Aula Kantor KPU Kabupaten Bima, Kamis (14/11/2019)

Bima,Bimakab,-Ketua berserta anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) peluncuran tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU)Kabupaten Bima, Kamis (14/11/2019).

Melalui Rakor persiapan launching tahapan Pilkada tersebut, Ketua Bawaslu Kabupaten Bima, Abdullah, S.H. menyarankan Komisi Pemilhan Umum (KPU) setempat dapat memilih tempat yang strategis untuk melaksanakan kegiatan yang dimaksud.

Hal itu dirasa penting agar launching yang akan digelar KPU pada 20 November mendatang itu bisa terjangkau dengan mudah oleh berbagai pihak yang ada di Kabupaten Bima, sehingga hajat tersebut tersampaikan dengan baik kepada elemen masayarakat.

Sementara Koordinator Divisi (Kordiv) Sumber Daya Manusia dan Organisasi (SDM-Organisasi) Bawaslu setempat, Junaidin, S. Pd., lebih menekankan pada sisi komunikasi. Untuk lebih jelas dan terarahnya setiap kegiatan, katanya, perlu komunikasi aktif dengan semua elemen, termasuk di dalamnya adalah komunikasi lintas pemerintah.

Karena, lanjutnya, Pilkada adalah hajat Negara, sehingga perlu keterlibatan semua komponen.

Saran usul dari Bawaslu tersebut ditanggapi baik oleh KPU. Pihak KPU sepakat untuk memilih tempat yang strategis serta memiliki komitmen meningkatkan kordinasi dengan berbagai pihak dalam rangka menyukseskan Pilkada Bima 2020 mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Bima, Imran, S. PdI., S.H., mengaku, kegiatan launching yang akan digelarnya pada 20 November mendatang itu telah direncanakan dengan baik. Untuk suksesnya kegiatan tersebut, ia berharap agar ada kerja sama yang baik dari berbagai pihak.

Dalam kegiatan itu, kata dia, jika memungkinkan akan dilakukan  pemeriksaan kesehatan, cek dan donor darah, pemutaran video sosialisasi Pilkada, tari tradisional Bima dengan menaburkan beras kuning (tari wura ‘bongi monca). “Kemudian akan diakhiri dengan pemukulan gong pertanda bahwa KPU sudah mulai focus menghadapi tahapan Pilkada 2020,” pungkasnya.

Hal yang sama disampaikan oleh anggota KPU lainnya, Adi Supriadin, S. PdI. Dikatakannya, konsep kegiatan yang akan dilakukan tidak banyak hiburan dalam bentuk musik, tetapi lebih diarahakan kepada sesuatu yang bermanfaat, yakni pengobatan gratis, cek up gratis, seni budaya berupa tari tardisional, dan lain-lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *