Agenda KegiatanBeritaPUBLIKASI

Ketua Bawaslu NTB: Memenuhi Kuota Gender, Perempuan Harus Tingkatkan Kualitas Diri

Bima, Bawaslubimakab,-Ada dua hal pokok yang perlu diperhatikan untuk mendukung kesetaraan gender, yakni kebijakan Negara dan kultur budaya bangsa.

Demikian kata Ketua Bawaslu Provinsi NTB, M. Khuwailid, S. Ag., M.H. saat menjadi narasumber pada kegiatan webinar pendidikan pemilu perempuan edisi ke-6 yang diselenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Bima pada Senin, 15 November 2021.

Keberpihakan terhadap isu gender, kata dia, Negara sudah mengambil kebijakan dengan memberikan hak yang lebih bagi perempuan, yakni dengan menyiapkan kuota khusus sebesar 30% untuk mengisi ruang sebagai penyelenggara dan peserta pemilu.

Namun, tambahnya, ruang yang diberikan oleh Negara tersebut masih belum mampu dipenuhi. Karena itu, dibutuhkan kesadaran untuk meningkatkan kapasitas SDM perempuan sehingga bisa ikut andil dalam urusan politik dan pemilu.

Menurutnya, salah satu problem tidak terpenuhinya kuota yang diberikan oleh Negara tersebut adalah terletak pada faktor kultur yang masih menganggap bahwa perempuan itu selalu dianggap lemah. Karena itu, perempuan harus menunjukan kapasitas yang baik. Karena kapasitas itu adalah hal yang penting, tidak boleh hanya memanfaatkan ruang yang diberikan oleh Negara tersebut.

Antara kebijakan Negara yang tertuang dalam regulasi dengan kultur, harus seimbang. Untuk itu, dibutuhkan kesadaran baik bagi laki-laki maupun perempuan untuk memberikan pendidikan politik pada perempuan sehingga dapat ikut andil dalam menyukseskan proses demokrasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *