Lompat ke isi utama

Berita

Dorong Partisipasi Perempuan, Bawaslu Kabi Gelar Pendidikan Pemilu Perempuan

Dorong Partisipasi Perempuan, Bawaslu Kabi Gelar Pendidikan Pemilu Perempuan
Momen Wabinar Pendidikan Pemilu Perempuan yang Digelar Bawaslu Kabupaten Bima, Kamis (9/9/2021)

Bima, Bawaslubimakab,-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bima menggelar webinar pendidikan pemilu perempuan, Kamis (9/9/2021). Kegiatan yag digelar secara daring tersebut, bertujuan  meningkatkan kesadaran serta membangun pemikiran kritis kaum perempuan untuk ikut berpartisipasi dalam perhelatan demokrasi.

            Koordinator Divisi Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Bima, Damrah, M. Pd, menjelaskan, perempuan memiliki hak yang sama dalam proses demokrasi. Karena itu, perempuan harus ikut terlibat didalamnya. “Antara laki-laki dan perempuan itu memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam kehidupan bernegara, karena itu perempuan harus berani dan bisa untuk menjadi yang terdepan,” tegasnya.

            Peran perempuan dalam perhelatan pesta demokrasi, lanjutnya, sangat dibutuhkan. Baik sebagai penyelenggara, pemantau, maupun sebagai pelapor. “Karena itu, saya mendorong perempuan Kabupaten Bima untuk ikut berpartisipasi aktif dalam perhelatan demokrasi,” harapnya.

Tentunya, kata dia, untuk bisa menjadi yang terdepan, perempuan harus berjuang keras untuk terus mengasah diri dalam meningkatkan kualitas, kapabilitas, serta aksestabilitas.

Alumni pascasarjana UNJ ini nampak begitu semangat untuk mendorong sesama kaum wanitanya untuk ikut andil dalam perhelatan demokrasi. Semangatnya yang mengapi-api itu  bisa dilihat dengan dibentuknya program pendidikan pemilu perempuan secara daring yang akan diadakannya sekali dalam seminggu. “Ya, wabinar pendidikan pemilu perempuan ini akan kita gelar sekali dalam seminggu, dan terbuka untuk umum,”urainya.

Kegiatan perdana webinar pendidikan perempuan yang diadakan oleh Bawaslu Kabupaten Bima tersebut, diikuti oleh 62 peserta yang terdiri dari mahasiswa, guru, pegawai dari berbagai instasi, pihak swasta, organisasi kepemudaan dan kemahasiswaan, serta beberapa komisioner dan pegawai Bawaslu kabupaten/kota di dalam dan luar NTB. Narasumbernya adalah anggota Bawaslu NTB, Dr. Hj. Yuyun Nurul Azmi, S. Pt., MP. “Semoga kegiatan berikutnya, pesertanya bisa lebih banyak lagi dari yang sekarang,” pungkasnya dengan penuh harap.